Kamis, 29 Oktober 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2015-2016 SMA/MA PROGRAM/JURUSAN IPA/MIA/MIPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM/ILMU-ILMU ALAM/ MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM)

KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2015-2016  SMA/MA
PROGRAM/JURUSAN  IPA/MIA/MIPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM/ILMU-ILMU ALAM/ MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM)

Perbedaan materi atau bab yang ada dalam kisi-kisi UN sebelumnya adalah pada kisi-kisi UN 2016 materi LOGIKA dan HIMPUNAN, dan BAB/MATERI VEKTOR tidak ada.

A.           Level Kognitif                                      
Pengetahuan dan pemahaman
·         Mengidentifikasi
·         Mengklasifikasi data
·         Menyimpulkan
·         Menjelaskan
·         Membandingkan
·         Menentukan
·         Menghitung         
1.        Aljabar
Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik:
ü  Pangkat, akar, dan logaritma
ü  Fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsi invers
ü  Persamaan dan fungsi kuadrat
ü  Sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear
ü  Program linear
ü  Suku banyak
ü  Matriks
ü   Barisan dan deret         
2.        Kalkulus
Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik:
ü  Limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri
ü  Turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri
ü  Titik stasioner dan nilai ekstrim
ü   Integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri          

3.        Geometri dan Trigonometri
Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada  topik:
ü  Perbandingan trigonometri, dan fungsi trigonometri
ü  Aturan sinus dan kosinus
ü  Kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi
ü  Persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran
ü  Transformasi     
4.        Statistika
Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik:
ü  Statistika dasar
ü  Kaidah pencacahan (perkalian permutasi,kombinasi)
ü  Peluang
B.            Aplikasi
·         Menggunakan
·         Memodelkan
·         Memecahkan masalah     
1.        Aljabar
Siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik:
ü  Statistika dasar
ü  Kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi)
ü  Peluang 
2.        Kalkulus
Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus dalam masalah kehidupan                    sehari-hari pada topik:
ü  limit fungsi aljabar dan limit fungsi trigonometri
ü  turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri
ü  titik stasioner dan nilai ekstrim
ü   integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri
ü  matriks
ü  barisan dan deret           

3.        Geometri dan Trigonometri
Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik:
ü  perbandingan trigonometri, dan fungsi trigonometri
ü  aturan sinus dan kosinus
ü  kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi
ü   persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran
ü  transformasi      
4.        Statistika
Siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang dalam masalah kehidupan sehari-hari pada topik:
ü  statistika dasar
ü  kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi)
ü  peluang

C.           Penalaran
·          Menganalisis
·         Menerapkan gagasan
·         Mengorganisasi gagasan
·          Mensintesis
·         Mengevaluasi
·         Merumuskan
·         Menyimpulkan
·         Menginterprestasi
1.      Aljabar
Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik:
ü  fungsi, komposisi fungsi, dan, fungsi invers
ü  persamaan dan fungsi kuadrat
ü   sistem persamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear
ü  program linear
ü  matriks
ü  barisan dan deret           
2.        Kalkulus
Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik:
ü   turunan fungsi aljabar dan turunan fungsi trigonometri
ü   titik stasioner dan nilai ekstrim
ü  integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri
3.        Trigonometri dan Geometri
Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik:
ü  perbandingan trigonometri, dan fungsi trigonometri
ü  aturan sinus dan kosinus
ü  kedudukan, jarak, dan sudut dari titik, garis, dan bidang dalam ruang tiga dimensi
ü  transformasi      

4.        Statistika
Siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik:
ü  statistika dasar
ü  kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi)
ü  peluang


Berikut ini kami sampaikan kisi-kisi UN 2016 SMA lengkap



jika tidak bisa silakan download di sini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar